REVENUE MODELS IN TRANSITION
-
Kebutuhan pengguna web terus berubah dan baru
Contohnya : dulu youtube tidak ada kolom
untuk komentar hanya ada upload dan view video, tetapi sekarang sudah dapat
berinteraksi dengan adanya kolom komentar )
-
Perusahaan harus dinamis dan berubah dalam model
pendapatannya
-
Beberapa perusahaan yang membuat situs
E-Commerce membutuhkan waktu tahunan untuk mendapatkan keuntungan (CNN &
ESPN )
-
Beberapa perusahaan mengubah model bisnis atau
keluar dari bisnis, hal tersebut karena fase pertumbuhan yang tidak
menguntungkan
Ada 5 model dari revenue models in
transition :
·
SUBSCRIPTION TO ADVERTISING SUPPORTED MODEL
o
Microsoft membangun slate magazine : publikasi
berita dan kejadian terkini, harapan yang tinggi karena penulis dan editor berpengalaman. Contoh : Kompas dengan Detik berbeda
penulisan dan editornya begitu juga Kompas dengan Sindo
o
Sumber pendapatan awal : dari langganan tahunan
tidak menutup biaya operasional
o
Saat ini berubah ke situs model advertising
supported juga menjadi bagian dari portal Bing
·
ADVERTISING SUPPORTED TO ADVERTISING
SUBSCRIPTION MIXED MODEL
o
Contohnya salon.com ( portal berita ) diakui
sebagai konten yang inovatif karena ada iklan juga ada untuk langganan
o
Sumber pendapatan awal : advertising supported
dan membutuhkan tambahan uang untuk meneruskan biaya operational ( biaya
opersional tidak cukup karena RAM dan Hardisk harus mempunyai ukuran yang besar
sehingga biaya menjadi mahal )
o
Saat ini menawarkan pilihan versi langganan,
pembayaran tahunan untuk Salon premium dan tidak ada iklan konten tambahan
& konten bisa di download
·
ADVERTISING SUPPORTED TO FEE FOR SERVICE MODEL
o
Xdrive technologies menawarkan menyimpanan
gratis ( tidak perlu tambahan biaya opersinal untuk RAM dan Hardisk )
o
Sumber pendapatan awal ( 1999 ) : berdasarkan
iklan, pengguna mendapatkan email iklan dan biaya opersional tidak cukup
o
Pada tahun 2005 di beli oleh AOL : sehingga
beralih ke Subscription Supported Model, XDrive juga sering menyesuaikan biaya
bulanan sehingga semakin murah
o
Layanan AOL ditutup pada tahun 2009
o
Para perusahaan yang berhasil : biaya dibebankan
pada jumlah penyimpanan yang di gunakan ( maksudnya biaya dibebankan pada
jumlah penyimpanan yang digunakan berdasarkan banyaknya file yang di unggah,
bukan berdasarkan biaya langganan.
Karena jika 1 orang hanya mengunggah 1 video yang berukuran 1 Mb dia
harus membayar 100.000 dan 1 orang lainnya mengunggah video sampai 1 Gb dia
juga membayar 100.000 dengan keadaan tersebut ada ketidak adilan sehingga di
ambil jalan tengah biaya dibebankan berdasarkan basaran penyimpanan, jadi 1
orang yang mengunggah 1 Mb dikenakan biaya 10.000 dan 1 orang yang mengunggah 1
Gb dikenakan 100.000 )
·
ADVERTISING SUPPORTED TO SUBSCRIPTION MODEL
o
Morthern Light: 1997 founded as a serach engine
memiliki data base sendiri juga memiliki artikel sendiri
o
Sumber pendapatan awal : campuran dari
advertising supported model, pendapatan iklan ( tidak cukup menutupi biaya
layanan ) dan ditambah dengan fee-based information access.
o
Diubah menjadi subscription supported revenue
model terutama untuk klien perusahaan besar dengan individual terdapat pilihan
bayar bulanan untuk akses artikel service ( biaya antara individu dan kelompok
dibedakan. kalau individu dikena biaya
ketika seberapa banyak file atau artikel yang di baca, kalau kelompok dikenakan
berdasarkan langganan pertahun jadi berapaun orangnya dan berapaun artikelnya
sudah dibayar sejumlah langgan pertahunnya contoh : TSM membayar 40
juta/tahunnya untuk setiap mahasiswa/i mengakses artikel untuk skripsi ).
·
MULTIPLE TRANSITIONS
o
Encylopedia Britannica : awalnya website
menawarkan panduan internet Britanica ( 1994 ) dan Encyclopedia Britanica
Online.
o
Sumber pendapatan awal : situs berlangganan
berbayar, namun rendah sekali pembayarannya.
REVENUE STRATEGY ISSUES
-
Pada bab ini belajar tentang model pendapatan,
belajar tentang beberapa isu yang muncul ketika perusahaan menerapkan model
tersebut dan bagaimana perubahan menyelesaikan isu-isu tersebut.
Ada 2 isu :
·
CHANNEL CONFLICT AND CANNIBALIZATION
o
Perusahaan mengkhawatirkan akan kanibalisasi : situs perusahaan menutup
usaha situs-situs penjualan dari outlet
jaringannya ( contoh : levis strauss
tahun 1998 perushaan levis
menjual via web dan juga di departemen store serta outlet-outlet yang
tersebar sehingga mereka mengeluh dan
levis menyadari bahwa hal tersebut
menjadikan levi’s kanibal atas outlet dan deprtemen store. Pada tahun 2003 situs levi’s berhenti agar
tidak terjadi kanibalisasi dengan tidak lagi menjual produk menggunakan
web dan hanya menggunakan web tersebut
untuk memberikan informasi serta merujuk pembelian ke outlet-outlet atau
departemen store terdekat.
o
Eddie Bauer : pembelian online bisa dikembalikan
di toko retail, strategi mengkhawatirkan terkait inventory, biaya pengembalian
dan keuntungan toko ( maksudnya adalah kita membeli secara online sebuah produk
namun produk tersebut mengecewakan dan kita bermaksud mengembalikan di
retailernya sementara toko retail tidak merasa barang tersebut di beli di
tokonya, tetapi toko tersebut harus melayanin pengembalian barang tersebut
sehingga membutuhkan karyawan yang mau melayani dan waktu untuk melayani dan
juga ongkos kirim yang lebih besar ).
§
Solusi : rencana bonus dan kompensasi bagi yang
bisa mendukung situs web atau dikenal dengan istilah “ Channel Coorporation “.
·
STARTEGIC ALLIANCE
o
2 perusahaan bergabung untuk periode yang lama
agar lebih kuat ( contoh : yodlee.com penyedia jasa agregasi akun, dan hanya
berkonsentrasi pada pengembangan teknologi dan layanan sedangkan bank yang
menyediakan pelanggan )
o
Contoh : mau bertansaksi dari bank A ke bank B
dan dari bank B ke bank C dan begitu seterusnya maka harus ada yang
menghubungkan antara bank-bank tersebut di manapun itu, basar ataupun kecil
untuk memudahkan hal tersebut maka harus ada pihak ketiga yang menaungi semua
bank-bank tersebut contohnya pihak Yodlee.com sehingga semua nasabah boleh
bertansaksi pada bank-bank tersebut yang bernaung di bawah nama yodlee.com dan
setiap bank menjadi member dari yodlle.com
o
Amazon.com bergabung dengan target CDnew,
ToysRus tetapi Amazon dan ToysRus saling menggugat.
CREATING AN EFFECTIVE WEB PRESENCE
-
Keberadaan sebuah organisasi adalah sangat
penting, para pebisnis dunia fisik menunjukkan keberadaan seperti dengan :
gedung, toko, pebarik, dan gudang.
-
Keberadaan suatu organisasi disampaikan dalam
bentuk public image ( citra umum ) kepada stakeholder ( stakeholders,
pelanggan, pemasok, pemerintah, karyawan, stockholders, public, kompetitor, dll
).
·
Identifying web presence goals :
o
Bisnis secara fisik :
§
Fokus kepada sasaran tertentu
§
Kebutuhan akan image perusahaan
§
Harus memuaskan berbagai pihak
§
Memerlukan biaya untuk memperoleh ruang yang
diinginkan