Senin, 30 September 2013

E-BUSINESS CHAPTER 4 SESSION 2



REVENUE MODELS IN TRANSITION
-          Kebutuhan pengguna web terus berubah dan baru
Contohnya : dulu youtube tidak ada kolom untuk komentar hanya ada upload dan view video, tetapi sekarang sudah dapat berinteraksi dengan adanya kolom komentar )
-          Perusahaan harus dinamis dan berubah dalam model pendapatannya
-          Beberapa perusahaan yang membuat situs E-Commerce membutuhkan waktu tahunan untuk mendapatkan keuntungan (CNN & ESPN )
-          Beberapa perusahaan mengubah model bisnis atau keluar dari bisnis, hal tersebut karena fase pertumbuhan yang tidak menguntungkan
Ada 5 model dari revenue models in transition :
·         SUBSCRIPTION TO ADVERTISING SUPPORTED MODEL
o   Microsoft membangun slate magazine : publikasi berita dan kejadian terkini, harapan yang tinggi karena penulis dan editor berpengalaman.  Contoh : Kompas dengan Detik berbeda penulisan dan editornya begitu juga Kompas dengan Sindo
o   Sumber pendapatan awal : dari langganan tahunan tidak menutup biaya operasional
o   Saat ini berubah ke situs model advertising supported juga menjadi bagian dari portal Bing
·         ADVERTISING SUPPORTED TO ADVERTISING SUBSCRIPTION MIXED MODEL
o   Contohnya salon.com ( portal berita ) diakui sebagai konten yang inovatif karena ada iklan juga ada untuk langganan
o   Sumber pendapatan awal : advertising supported dan membutuhkan tambahan uang untuk meneruskan biaya operational ( biaya opersional tidak cukup karena RAM dan Hardisk harus mempunyai ukuran yang besar sehingga biaya menjadi mahal )
o   Saat ini menawarkan pilihan versi langganan, pembayaran tahunan untuk Salon premium dan tidak ada iklan konten tambahan & konten bisa di download
·         ADVERTISING SUPPORTED TO FEE FOR SERVICE MODEL
o   Xdrive technologies menawarkan menyimpanan gratis ( tidak perlu tambahan biaya opersinal untuk RAM dan Hardisk )
o   Sumber pendapatan awal ( 1999 ) : berdasarkan iklan, pengguna mendapatkan email iklan dan biaya opersional tidak cukup
o   Pada tahun 2005 di beli oleh AOL : sehingga beralih ke Subscription Supported Model, XDrive juga sering menyesuaikan biaya bulanan sehingga semakin murah
o   Layanan AOL ditutup pada tahun 2009
o   Para perusahaan yang berhasil : biaya dibebankan pada jumlah penyimpanan yang di gunakan ( maksudnya biaya dibebankan pada jumlah penyimpanan yang digunakan berdasarkan banyaknya file yang di unggah, bukan berdasarkan biaya langganan.  Karena jika 1 orang hanya mengunggah 1 video yang berukuran 1 Mb dia harus membayar 100.000 dan 1 orang lainnya mengunggah video sampai 1 Gb dia juga membayar 100.000 dengan keadaan tersebut ada ketidak adilan sehingga di ambil jalan tengah biaya dibebankan berdasarkan basaran penyimpanan, jadi 1 orang yang mengunggah 1 Mb dikenakan biaya 10.000 dan 1 orang yang mengunggah 1 Gb dikenakan 100.000 )
·         ADVERTISING SUPPORTED TO SUBSCRIPTION MODEL
o   Morthern Light: 1997 founded as a serach engine memiliki data base sendiri juga memiliki artikel sendiri
o   Sumber pendapatan awal : campuran dari advertising supported model, pendapatan iklan ( tidak cukup menutupi biaya layanan ) dan ditambah dengan fee-based information access.
o   Diubah menjadi subscription supported revenue model terutama untuk klien perusahaan besar dengan individual terdapat pilihan bayar bulanan untuk akses artikel  service ( biaya antara individu dan kelompok dibedakan.  kalau individu dikena biaya ketika seberapa banyak file atau artikel yang di baca, kalau kelompok dikenakan berdasarkan langganan pertahun jadi berapaun orangnya dan berapaun artikelnya sudah dibayar sejumlah langgan pertahunnya contoh : TSM membayar 40 juta/tahunnya untuk setiap mahasiswa/i mengakses artikel untuk skripsi ).
·         MULTIPLE TRANSITIONS
o   Encylopedia Britannica : awalnya website menawarkan panduan internet Britanica ( 1994 ) dan Encyclopedia Britanica Online.
o   Sumber pendapatan awal : situs berlangganan berbayar, namun rendah sekali pembayarannya.
REVENUE STRATEGY ISSUES
-          Pada bab ini belajar tentang model pendapatan, belajar tentang beberapa isu yang muncul ketika perusahaan menerapkan model tersebut dan bagaimana perubahan menyelesaikan isu-isu tersebut.
Ada 2 isu :
·         CHANNEL CONFLICT AND CANNIBALIZATION
o   Perusahaan mengkhawatirkan  akan kanibalisasi : situs perusahaan menutup usaha  situs-situs penjualan dari outlet jaringannya ( contoh : levis strauss  tahun 1998 perushaan levis  menjual via web dan juga di departemen store serta outlet-outlet yang tersebar sehingga mereka mengeluh  dan levis menyadari  bahwa hal tersebut menjadikan levi’s kanibal atas outlet dan deprtemen store.  Pada tahun 2003 situs levi’s berhenti agar tidak terjadi kanibalisasi dengan tidak lagi menjual produk menggunakan web  dan hanya menggunakan web tersebut untuk memberikan informasi serta merujuk pembelian ke outlet-outlet atau departemen store terdekat.
o   Eddie Bauer : pembelian online bisa dikembalikan di toko retail, strategi mengkhawatirkan terkait inventory, biaya pengembalian dan keuntungan toko ( maksudnya adalah kita membeli secara online sebuah produk namun produk tersebut mengecewakan dan kita bermaksud mengembalikan di retailernya sementara toko retail tidak merasa barang tersebut di beli di tokonya, tetapi toko tersebut harus melayanin pengembalian barang tersebut sehingga membutuhkan karyawan yang mau melayani dan waktu untuk melayani dan juga ongkos kirim yang lebih besar ).
§  Solusi : rencana bonus dan kompensasi bagi yang bisa mendukung situs web atau dikenal dengan istilah “ Channel Coorporation “.

·         STARTEGIC ALLIANCE
o   2 perusahaan bergabung untuk periode yang lama agar lebih kuat ( contoh : yodlee.com penyedia jasa agregasi akun, dan hanya berkonsentrasi pada pengembangan teknologi dan layanan sedangkan bank yang menyediakan pelanggan )
o   Contoh : mau bertansaksi dari bank A ke bank B dan dari bank B ke bank C dan begitu seterusnya maka harus ada yang menghubungkan antara bank-bank tersebut di manapun itu, basar ataupun kecil untuk memudahkan hal tersebut maka harus ada pihak ketiga yang menaungi semua bank-bank tersebut contohnya pihak Yodlee.com sehingga semua nasabah boleh bertansaksi pada bank-bank tersebut yang bernaung di bawah nama yodlee.com dan setiap bank menjadi member dari yodlle.com
o   Amazon.com bergabung dengan target CDnew, ToysRus tetapi Amazon dan ToysRus saling menggugat.
CREATING AN EFFECTIVE WEB PRESENCE
-          Keberadaan sebuah organisasi adalah sangat penting, para pebisnis dunia fisik menunjukkan keberadaan seperti dengan : gedung, toko, pebarik, dan gudang.
-          Keberadaan suatu organisasi disampaikan dalam bentuk public image ( citra umum ) kepada stakeholder ( stakeholders, pelanggan, pemasok, pemerintah, karyawan, stockholders, public, kompetitor, dll ).
·         Identifying web presence goals :
o   Bisnis secara fisik :
§  Fokus kepada sasaran tertentu
§  Kebutuhan akan image perusahaan
§  Harus memuaskan berbagai pihak
§  Memerlukan biaya untuk memperoleh ruang yang diinginkan

Kamis, 26 September 2013

CHAPTER 4 SESSION 1 " E-BUSINESS REVENUE MODELS "



v   REVENUE MODELS :
·         Ada banyak cara E-Commerce dalam menghasilkan pendapatan, tetapi tidak semua E-Commerce bertujuan untuk menyediakan keuntungan ( untuk menekan biaya pelanggan atau pemasok )
·         Contoh : walmart adalah salah satu E-Commerce yang tidak hanya menyediakan barang / supllier tetapi jasa juga yaitu menghubungkan pelanggan dengan penjualan tanpa mencari keuntungan terlebih dahulu.
·         Model-model bisnis web yang menghasilkan pendapatan :
o   Web katalog
o   Digital content
o   Advertising supported
o   Advertising subscription mixed
o   Fee-based
·         Model-model pendapatan ini bisa dilakukan baik untuk C2C ,B2B dan B2C
v   WEB CATALOG : model dimana pemilik situs ini mendapatkan keuntungan dari katalog yang di iklankan.
v   WEB CATALOG REVENUE MODELS : model ini sudah ada sejak 100 tahun yang lalu
·         Tahun 1892 aaron montgomery ( salesman ) menjual hasil pertaniannya dalam satu daftra halaman ( brosur )
·         Tahun 1985 Ricard & Alvah mengirimkan surat katalog kepetani & daerah kecil ( menggunakan pos )
·         Keduanya menguasai perdagangan eceran di US tahun 1950-an
·         Model katalog pesanan melalui surat pos
o   Penjualan menetapkan brand image
o   Informasi di cetak dan dikirimkan
·         Perluasan dari model tradisional
o   Katalog yang tercetak bisa digantikan
o   peranan langsung melalui website atau telepon
o   Pembayaran secara elektronik
o   Menawarkan fleksibelitas
o   Menambahkan outlet penjualan
·         Beberapa contoh bisnis dalam beberapa kategori :
o   Computer and consumer
§  Aplle, dell, gatway, hp dan sun mirrosystems
§  Mereka menjual seluruhnya melalui web’mulai dari pemasaran, relasi-mitra, produksi, pembayaran hingga layanan purna jual & supporting
o   Books, music, and videos
§  Contoh E-Commerce yang paling terlihat
§  Tahun 1994, analisis keuangan wall street : jeff bezos menemukan bahwa buku adalah no 1 dari 20 daftar penjualan terbaik di internet serta mudah dan murah di kirimkan tidak perlu inspeksi pembeli ( pembeli hanya oerlu melihat sampu buku dan membaca synopsisnya )
§  4 juta judul buku siap tercetak di dunia
§  Toko buku terbersar tidak bisa menampung lebih dari 200 ribu buku
§  Merupakan peluang strategis di jual di internet
§  15 tahun kemudian, amazon menjadi pengecer terbesar ( berkembang dari buku juga memulai nejual music, video, konsumer elektronik, houseware, tools, dll
§  Contoh lain : banner dan noble, blackwells, books-a-amillian, powells books
o   Luxury goods
§  Bebrapa produk sulit di jual secara online ( pelanggan ingin melihat dan menyentuhnya
§  Vera wang dan versace ( website hanya untuk informassi, lalu pembeli datang ke toko langsung, seiring waktu menggunakan gambar dan animasi yang berat )
§  Website evlan ( menyajikan informasi dengan cara visual yang menakjubkan )
o   Clothing retailers
§  Banyak penjual di web yang mengadaptasi model ini menampilkan foto pakaian
§  Di katagorikan menurut jenis, harga, ukuran, warna detail jahitan
§  Pesanan bisa ditempatkan di web
§  Pelanggan mempelajari pakaian terlebih dahulu
§  Contoh situsnya : bebe, sap, land’s end, LL. Bean, talbots, dll
§  Land’s end memiliki fitur virtual model ( dimulai tahun 1999, fitur my firtual model bisa menambahkan gambar atau teks yang di konsumsikan )
Permasalahan :
§  Beragamnya seting warna moditor komputer solusi
§  Meminta kain sesuai permintaan
§  Menawarkan aturan pengembalian barang
o   Flowers and gifts ( gifts retailers
§  Bisnis ini juga termasuk model pendapatan dengan katalog web
§  Contoh : 1-800-flowers merupakan perpanjangan dari kesuksesan bisnis melalui telepon.
o   Digital contents subscription revenue models : menggunakan model web sebagai mekanisme distribusi informasi yang sangat efisien
§  Caranya dengan menggunkan model pendapatan konten digital yang menjual akses terhadap informasi dengan cara berlangganan
§  Legal content contohnya nexis menawarkan bermacam layanan informasi terkait perihal hukum
§  Akademik ( reserch content ) : proquest yaitu publikasi dokumen ( penelitian, jurnal, artikel, thesisi, dll )
§  Business content contohnya berlangganan pada surat kabar dow jones menjual surat kabar, majalah, jurnal yang di ubah ke digital dengan berlangganan
§  Technical content contohnya ACM yaitu berupa perpustakaan digital membayar dengan cara berlangganan
o   Advertising supported revenue models : menggunakan siaran jaringan tv di USA ( menyediakan program grafis namun terdapat pesan-pesan iklan )
§  Iklan online, terdapat dua permasalahan
§  Sulitnya melakukan pengukuran dan pengenaan biaya pada pengunjung ( hal ini karena mnghitung pengunjung ada banyak cara seperti : pervisitor, perunique visitor, perclick atau mengukur berdasarakan atribut lain dari pengunjung
§  Menarik pengiklan besar : di buthkan informasi berdasarkan demografik sehingga iklan di kategorikan terhadap kelompok pengunjung
§  Untuk memperoleh ketertarikan pengiklan besar :
§  Menggunakan website dengan informasi yang di sesuaikan dengan audeins
§  Membagi audiens tertentu pada informasi yang ingin di jangkau oleh pengiklan
§  Contoh : the huffrington post and the drudge report, and how stuffworks
o   Web portal ( portal ) yaitu situs yang di gunakan engunjung sebagai titik untuk masuk kehalaman-halaman web lainnya
§  Contoh : google and yahoo.com pada situs tersebut kita bisa masuk ke situs lain seberti yahoo massenger, belanja, dll
§  Targeted classified advertising sites yaitu surat kabar yang mengahasilkan penghasilan yang sangat signifikan berdasarkan tingkat iklan pada klasifikasi halamannya
§  Contoh : di surat kabar
§  Advertising subscription mixed revenue models : model ini bisa kita jumpai di media cetak selama ini
§  Pelanggan mebeli surat kabar / majalah tetapi di dalamnya terdapat banyak iklan
·         Contoh koran kompas sudah mendapt untung dari langganan yang membeli koran kompas dapat juga untung dari orang yang memasang iklan.
§  Begitu juga diadopsi oleh bisnis online ( pelanggan membayar namun iklan tetap muncul )
·         Contoh : the new york times, the wall steet journal
§  Fee for transaction revenue models
§  Layanan berbayar  ( berdasarkan pada jumlah atau besaran transaksi
§  Website menawarkan informasi transaksi pengunjung
§  Membeli secara offline lebih mahal di bandingkan online
§  Hal ini terkait dengan value chain
v  Disintermediation -> cara-cara teradisional -> cara-cara online ( intermediary/agen di hapuskan )
FIRM -> DISTRIBUTOR -> RETAILER -> CUSTOMER
v  Perusahaan menjual kepada distributor sebesar $90
v  Distributor menjual kepada retailer sebesar $100, sehingga untung $10
v  Retailer menjual kepada konsumen sebesar $110, sehingga untung $10

FIRM -> CUSTOMER
Ø  Perusahaan menjual ke konsumen sebesar $90
Ø  Konsumen membeli sebesar $90 ditambah dengan biaya shipping sebesar $100, jadi konsumen cukup membeli seharga $100 berbeda juka ada agen, konsumen membeli seharga $110
Ø  Perusahaan menjual  langsung ke konsumen dengan menggunakan bantuan website jadi tidak ada agency perantara, biaya juga lebih murah dan harga yang konsumen beli jadi murah
Ø  Reintermediation : mengadakan kembali agen-agen yang telah dihilangkan dalam bisnis online
                                   

 RENT AGENT -> HOTEL -> TRAIN
                               AGEN
                            CUSTOMER