Jumat, 25 Oktober 2013

CHAPTER 7 SESI 1



FROM VIRTUAL COMMUNITIES TO SOCIAL NETWORK
-           
Contohnya : papan buletin, lalu dikomentarin, dan diposting
-          Komunitas virtual adalah tempat berkumpulnya orang dan bisnis-bisnis yang tidak ada keberadaan secara fisik. Awalnya:
Buletin board system, penghasilan dari bayar bulanan dan jual iklan
-          Usernet newsgroup (1979 – Duke Univ)
Area posting pesan dalam usenets saat ini yaitu:
a.       Web chat rooms
b.      Website yang ditujukan untuk topik tertentu
Ø  Pertukaran informasi, video, atau foto
Ø  Berdiskusi, interaksi, dan membentuk aktivitas tertentu

SOCIAL NETWORKING IN THE SECOND WAVE
OF
ONLINE COMMUNITIES WEBSITE SOCIAL NETWORKING

-          Individu membuat dan mempublikasikan profil
-          Membuat daftar orang yang terkoneksi dengannya
-          Memantau koneksi orang lain
-          Contohnya:
a.       1997, six begrees
b.      2002, friendster
c.       2003, trible net, facebook hingga saat ini adalah twitter
-          WEB LOGS(BLOGS)
Ø  Website yang berisi komentar individual atas kejadian atau masalah-masalah tertentu
-          Bentuk lain dari situs jejaring sosial:
Ø  Mendorong aktivitas-aktivitas antara orang-orang
Ø  Pengunjung menambahkan komentar
-          Virtual learning network
Ø  Pembelajaran jarak jauh untuk interaksi siswa – instruktur (blackboard)
-          Web portals, contohnya: yahoo dan google
Ø  Menggabungkan fitur jaringan sosial dan portal
Ø  Umumnya portal menawarkan search engine
1.                  Advertising supported social networking site
-          Situs lebih kecil namun memiliki daya tarik khusus
-          Dapat menarik pengunjung yang cukup untukmenghasilkan pendapatan iklan yang signifikan
-          Contohnya adalah website icanhas.cheezburger.com

-          Website-website jejaring sosial

OWNER
MILLION of UNI. VISITOR
AVERAGE TIME PER UNI.
VISITOR PER MONTH
Google
354
2 : 53
Microsoft
318
3 : 13
Yahoo!
237
2 : 20
Facebook
200
5 : 47
e-bay
159
1 : 51
Wikipedia foundation
148
0 : 15

2.                   Mixed revenue and fee-for service social networking site
-          Sebagian besar jejaring sosial mengandalkan iklan
-          Beberapa mengenakan biaya untuk beberapa layanan khusus. Contoh: Yahoo!
-          Monetizing-mengkonversi dari pengunjung
3.                   Fee-based
-          Benar-benar berbasiskan bayar
4.                   Situs microlending
-          Situs yang bisa mengajukan proposal untuk meminjam uang tapi mencari dananya bukan ke situs, tapi ke siapa saja yang jadi member
-          Berfungsi sebagai tempat transaksi kegiatan kredit kecil/ micro
5.                   Internal virtual communities -> dilakukan oleh karyawan dalam berdiskusi
-          Menyediakan interaksi sosial antara karyawan organisasi
-          Menggunakan jaringan intranet
-          Mengkombinasikan teknologi 1st wave dan 2nd wave



MOBILE COMMERCE

1.                   Short message service (SMS)
-          Memungkinkan pengguna ponsel mengirimkan teks singkat satu sama lain
-          2008, pengembangan di Amerika memungkinkan ponsel sebagai broser web
2.                   Mobile operating system and applications
-          M-commerce di Jepang dan Asia Tenggara
-          Memiliki aktivitas bisnis online yang sangat besar
-          Mobile wallets: ponsel berfungsi sebagai kartu kredit



THE FUTURE OF MOBILE COMMERCE

-          Perusahaan menginginkan perdagangan dengan user mobile
-          Harus meninjau ulang kompatibilitas
-          Mungkin harus dipisahkan dengan website user mobile. Contoh: scottrade mobile
-          Ponsel untuk online banking. Contoh: wescorp
-          Dokter menggunakan smartphone ( contoh: veteran affair medical center di Washington, DC)
-          Layanan GPS

Kamis, 24 Oktober 2013

Selling to Consumers Online



Selling to Consumers Online

Web Marketing Strategis
Ø  Pada bab ini menggambarkan bagaimana perusahaan menggunakan web dalam strategi marketing mereka untuk mengiklankan produk / jasa dan mempromosikan reputasi perusahaan.
o   Dengan web, perusahaan mampu mengklasifikasikan pelanggan.
o   Memberikan pesan pilihan sesuai dengan profil pelanggan.
4P dari marketing
1.       Product
a.       Item fisik atau jasa yang dijual peusahaan.
b.      Brand presepsi pelanggan terhadap product sangat kuat mempengaruhi.
2.       Price
a.       Jumlah pelanggan membayar untuk produk.
b.      Costumers value, manfaat pelanggan dapat / dirasakan dikurangi total biaya untuk mendapatkan produk.
3.       Promotion
a.       Setiap sarana untuk menyebarkan informasi produk.
4.       Place / distribution
a.       Diperlukan agar produk / jasa dapat tersedia dibanyak lokasi yang berbeda.
b.      Mendapatkan produk yang tepat , ketempat yang tepat di lokasi yang terbaik dalam menjualnya.
Dalam menampilkan produk dan jasa di website bisa dilakukan dalam 2 pendekatan strategi;
1.       Product – Based Marketing Strategis. (Pengunjung dianggap sama)
a.       Website menampilkan sesuai dengan pengelompokan katagori product yang dimiliki.
b.      Pelanggan mencari apa yang diinginkan berdasarkan pengkatagorian product tersebut.
2.       Customer – Based Marketing Strategies.
(website menampilkan menu sesuai dengan profil pengunjungnya) 
3.       Product-Based Marketing Strategis.
(website menampilkan menu langsung produk yang akan dicari oleh pelanggan ditampilan awal)




Communicating With Defferent Market Segments.
Media komunikasi untuk menyampaikan pesan ke pelanggan.  
-          Dunia nyata, menggunakan konstruksi bangunan yang kokoh , desain ruangan.
Contoh: Bank
-          Dunia Maya (Semua didunia maya ini bias diciptakan)
o   Pemilihan Media komunikasi sangat kritis
o   Karena tidak ada keberadaan secara fisik.
o   Kontak pelanggan dilakukan melalui proyeksi media dan website.
-          Tantangan dunia Maya
o   Memperoleh kepercayaan pelanggan tanpa keberadaan secara fisik.
Trust, Complexity, and Media Choice.
·         Web merupakan ditengah-tengah antara media masa dan kontak personal.
(sales marketing account)
o   Keuntungan berkomunikasi dengan pelanggan melalui web:
§  Penjualan ke kontak personal yang berbeda satu sama lain dengan efektif (kepercayaan kontak person itu lebih kuat dari pada ke media masa)
§  Lebih hemat dibandingkan Media massa.
o   Meskipun menawarkan lewat media massa memiliki tingkat kepercayaan yang rendah
§  Namun masih sangat sukses
§  Karna biaya yang dikeluarkan tersebar kebanyak orang.
Contohnya: Menggunakan iklan TV memerlukan biaya yang besar sekali, tetapi dilihat oleh jutaan orang.

Tingkat kompleksitas melekat pada produk dan layanan
-          Faktor yang menentukan dalam memilih media.
v  Media Massa
o   Cocok untuk mempromosikan produk yang memiliki beberapa karakteristik dan mudah dipahami.
o   Mengunakan informasi dasar dan pesan-pesan singkat.
v  Personal contact
o   Cocok ketika mempromosikan produk atau layanan yang sangat kompleks.
v  Website
o   Menempati jalan tengah
o   Menawarkan berbagai elemen
o   Pesan media massa
o   Interaksi kontak personal



Market segmentation
Tiga katagori dalam mengidentifikasi segmen pasar.
1.       Geographic Segmentation
Pemasarannya berdasarkan lokasinya
2.       Demographic Segmentation
Pemasarannya berdasarkan jenis kelamin, rentan usia,.
3.       Phychographic
Sikis, kemampuan, tingkat ekonomi.
*Pengiklanan TV menggunakan ketiga katagori tersebut.

# Web Opportunity
-          Menghadirkan took online yang berbeda.
Offering custumer a choice on the web
One-to-One Marketing -> yang disesuaikan dengan pesanan.
Contoh: Dell
Beyomd Market Segmentation customer Behavior And Relationship Imtensity
·         Segmentation Using Customer Behavior.
·         Behavior Segmentation.
o   Membagi pelanggan berdasarkan pengalamannya dan prilakunya.
o   Katagori – katagori pola umum pada prilaku online:
Browser, Buyers, dan shoppers.
v  Browser
o   Orang yang menggunakan internet untuk browsing atau surfing
o   Websait harus menyediakan minat pengunjung
o   Triger words : Menyaksikan Informassi penjelasan, intruksi, rincian agar pengunjung tettap tinggal dan menginvestigasi produk / layanan.
v  Buyers
o   Pengunjung yang siap untuk segera membeli
o   Harus ditawarkan jalur langsung kedalam transaksi pembelian.
o   Shopping cart
Fitur untuk melakukan pemilihan item-item dan transaksi pembayaran secara otomatis.
v  Shoppers
o   Pengunjung yang memiliki motivasi untuk membeli
o   Melihat informasi lanjutan sebelum membeli
o   Tawarkan tools komparasi produk, produk review dari daftar fitur produk.
Model Alternatif
Ø  Enam katagori prilaku menurut Mc Kinsey dan Company.
1.       Simplifiers (User yang suka kenyamanan, web lebih mudah dibandingkan fiscal)
2.       Surfer (mencari informasi, mengeksplor ide-ide baru, dan toko)
3.       Burgainers (mencari penawaran terbaik. 10% populasi)
4.       Connectors. (supaya selalu dapat berhubungan dengan orang lain)
5.       Routiners (kebiasan yang berulang-ulang setiap hari, ex: membaca berita di kompas.com)
6.       Sportsters (kebiasaan yang berulang-ulang dalam mencari informasi tentang olahraga)
Funnel model yaitu semakin banyak kita memberikan informasi (iklan) akan semakin banyak yang akan membeli strategi pemasaran.